Thursday, March 16, 2017

Ini Perbedaan antara Hacker, Developer, dan Programmer

Saat berbicara mengenai profesi yang bekerja mengutak-atik kode software komputer, terlintas tiga buah profesi. Profesi tersebut yaitu programmer, developer dan hacker. Memang ketiganya ini profesi yang sangat butuh pemahaman akan coding.
Ketiga profesi tersebut dari namanya saja sudah jelas berbeda, namun terkadang ada beberapa orang yang salah kaprah dan menganggapnya sama. Apakah kamu salah satunya? Jika iya, nih Jaka kasih tahu beda antara hacker, developer dan programmer.


Ini Perbedaan Antara Hacker, Developer Dan Programmer

Dilansir melalui Danielmiessler, supaya kamu nggak keliru antara hacker, developer dan programmer. Tentu kamu harus paham pengertiannya masing-masing terlebih dahulu. Tanpa berlama-lama lagi, ini dia pengertiannya masing-masing.

Pengertian Programmer

foto-infragistics-bedaprogrammer1
Programmer merupakan seseorang yang mengerti manipulasi kode pada komputer, atau biasa disebut juga dengan coding. Memiliki kategori kemampuan yang bervariasi, mulai dari sangat dasar hingga sangat ahli. Intinya adalah seseorang yang paham coding.

Pengertian Developer

foto-skilledup-bedaprogrammer2
Developer secara garis besar bisa dikatakan sebagai programmer yang terlatih. Tidak hanya paham mengenai coding, tapi ia juga mendesain sesuai dengan suatu ketentuan atau kebutuhan. Lalu ia juga melakukan optimalisasi performa, keamanan dan lain-lain.

Pengertian Hacker

foto-airwatch-bedaprogrammer3
Hacker secara garis besar juga bisa dikatakan sebagai programmer yang terlatih. Hanya saja memiliki pekerjaan yang terbalik dengan developer. Saat developer membuat kode komputer berjalan sebagaimana mestinya, hacker justru membuat kode komputer berjalan sebagaimana maunya.

Kesimpulan

foto-techlog360-bedaprogrammer4
Nah setelah membaca tiga pengertian di atas, kamu jadi paham bahwa dasar dari semuanya adalah programmer. Baru jika sudah ahli, bisa naik tingkat ke developer atau hacker. Pilihan antara developer atau hacker, tentu akan sangat berhubungan dengan ilmu yang dipelajari saat baru menjadi programmer.

No comments:

Post a Comment