Thursday, March 16, 2017

Inilah Perbedaannya FAT32, NTFS, dan exFAT!

Sering kali jika kamu ingin format flashdisk, kamu masih suka bingung dengan perbedaan file system FAT32, NTFS, dan exFAT. Memang, apa sih bedanya, dan apa kelebihan dari masing-masing format tersebut?
Tenang, melalui artikel ini Jaka akan memberikan penjelasan tentang apa itu FAT32, NTFS, dan juga exFAT. Jika sudah gak sabar, kamu bisa lho untuk melihat penjelasannya di bawah ini.




Inilah Perbedaannya FAT32, NTFS, dan exFAT!

apa itu fat32 ntfs exfat
Sebelum masuk lebih lanjut, kamu harus tahu dulu apa itu file system. File system pada dasarnya adalah seperangkat pengaturan yang dipakai untuk menentukan bagaimana data ingin disimpan dan diambil dalam sebuah perangkat storage, seperti flashdisk, hardisk, memory card, dan lain sebagainya.
Contoh mudahnya, seperti kamu menyimpan dokumen asli di berbagai tempat seperti laci, atas meja, bahkan loker sekali pun. Nah, metode file system tidak berbeda jauh dengan hal tersebut namun hanya melalui proses komputasi saja.

1. Apa Itu File System FAT32?

apa itu fat32
File system FAT32 merupakan sistem file yang paling tua dan paling berpengalaman dalam sejarah komputasi. Sistem ini dimulai pada tahun 1977 dengan 8-bit sistem file FAT hingga sekarang berkembang menjadi 32-bit FAT32.
FAT32 merupakan inovasi dari FAT16 yang mana memungkinkan kamu untuk menyimpan file dengan ukuran hingga 4GB. Jadi, dengan sistem file seperti ini kamu sudah mampu menyimpan file sebesar itu dalam sebuah perangkat storage.

2. Apa Itu File System NTFS?

apa itu ntfs
Sistem file buatan Microsoft lainnya adalah NTFS. Sisem file NTFS ini dikenalkan pada tahun 1993 saat Windows NT 3.1 baru-barunya diperkenalkan. NTFS sendiri merupakan singkatan dari New Technology File System. Nah, sistem file NTFS sendiri punya desain yang terbilang sederhana, namun kemampuannya itu lebih baik dibandingkan file system FAT.
Kelebihannya, NTFS mampu mengatur kuota volume untuk setiap penggunanya atau bisa disebut dengan Disk Quota. NTFS juga mendukung sistem file yang terenkripsi, sehingga cukup aman ketika kamu menyimpan data dalam file system NTFS ini.

3. Apa Itu File System exFAT?

apa itu exfat
Sistem file exFAT merupakan jajaran keluarga dari FAT, namun masih lebih baik dari FAT32. Secara teori, exFAT dan FAT32 itu memiliki ciri khas yang sama. Namun, ada perbedaan dalam penggunaannya.
Jika FAT32 itu hanya mampu menampung file dengan ukuran maksimal 4GB maka exFAT merupakan upgrade dari FAT32 yang dapat menjadi pilihan terbaik. Sehingga kamu bisa menyimpan data lebih dari 4GB sekali pun, Biasanya, hal ini diterapkan pada flashdisk dan microSD zaman sekarang.

No comments:

Post a Comment